Online

Statistik User

  • Pengunjung hari ini :0
  • Pengunjung Online :0
  • Total pengunjung :156

Social Networking

  •     

Sule-Soft on Android

  • sule-soft

Dasar Pemrograman PHP & MySQL untuk Aplikasi Website CMS (Bagian 2)

Pada bagian awal tentang dasar pemrograman PHP dan MySQL kita telah mengenal dan memasang aplikasi pendukung untuk dapat membuat sebuah Website CMS. Penulis menganggap bahwa pada bagian 2 ini anda sudah memasang atau meng-install semua software pendukung.

Pada bagian ke 2 ini, penulis akan sedikit membagikan pengetahuan mengenai Database MySQL. Apa itu Database ? Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.  Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (DBMS).

Database dianalogikan sebagai sebuah rumah, yang didalamnya terdapat sebuah lemari (Table), dan didalam lemari tersebut terdapat laci-laci (Field), dan di dalam laci tersebut terdapat barang-barang (Record). Dari peng-analogian diatas maka struktur dari Database adalah sebagai berikut :

Berikut ini contoh dari sebuah database Mahasiswa :                                           

Tbl_Biodata_mhs

Id_mhs

Nm_mhs

Mata_pelajaran

Nilai

M001

Benjamin S

Bhs. Indonesia

7

M002

Aulia R

Fisika

8

M003

Herman Sulaeman

Kalkulus

9

Dari gambaran diatas silahkan anda kategorikan sendiri mana yang merupakan Table, Field, dan Record. Nah sekarang bagaimana cara membuat database, table, field dan record MySQL?  Bukalah browser (Mozilla, Chrome, Internet Explorer.. bebas), kemudian ketikan pada URL browser anda http://localhost/  atau http://127.0.0.1 maka akan muncul seperti berikut ini :

Pilihlah atau klik PHPMyAdmin seperti berikut ini :

Maka akan muncul tampilan dari PHPMyAdmin, untuk membuat sebuah database baru anda hanya cukup memasukan nama database baru seperti pada gambar berikut :

Lalu klik button di sebelah kanan, maka anda telah menciptakan sebuah database, mudah sekali bukan? Untuk membuat table anda bisa membuatnya dengan PHPMyAdmin ini atau anda bisa menggunakan MySQL-Front yang telah anda install. Misalkan kita akan membuat sebuah table biodata mahasiswa yang berisi 3 field (idmhs, nmmhs, telp).

Klik button go, kemudian isikan field-field dari biodata mahasiswa tersebut :

 Untuk ID Mahasiswa, penulis menggunakan type data Integer dengan Auto_Increment artinya id mahasiswa bentuk datanya numeric dan nilainya akan terisi secara otomatis. Setelah selesai tekan button Simpan atau Save, untuk melanjutkan proses pembuatan table dan field. Hasilnya akan seperti gambar berikut ini.

Sekian bahasan Dasar Pemrograman PHP dan MySQL bagian ke 2 ini yang membahas tentang Database. Untuk pengembangannya anda bisa membuat database dari sebuah alur sistem, dengan membuat database sendiri. Karena dengan meng-aplikasikan sendiri, anda tahu dimana letak kesalahan anda. Untuk artikel berikutnya Insya Allah, Sule-Soft akan coba kembali untuk berbagi dengan bahasan tentang Database secara lebih mendalam, dan contoh memasukan record dengan bahasa pemrograman. Bila ada pertanyaan tentang bahasan ini anda bisa menulisnya di kolom komentar. Terima Kasih.

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar